foto1
foto1
foto1
foto1
foto1

Pimpinan Prodi

Sosmed

Login Form

Sejarah Prodi

Program Studi Pendidikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat  merupakan salah satu dari 14  program studi yang ada di STKIP PGRI Sumatera Barat. Program studi pendidikan Akuntansi  mempersiapkan lulusan dengan kompetensi utama sebagai guru akuntansi untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat. Program studi ini dibuka sejak tahun 2017 berdasarkan izin dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui SK Kemenristekdikti No: 498/KPT/I/2016, jenjang program S1/A.IV yang menyiapkan guru akuntansi yang berwenang penuh mengajar pada SMA/SMK sederajat.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan dan pengajaran, Program Studi Pendidikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat memiliki visi “Menjadi program  studi unggul dibidang keguruan dan pendidikan akuntansi dan kompetitif di wilayah Sumatera di tahun 2026”. Selanjutnya, visi di atas dikonkritkan dengan misi Program Studi Pendidikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat. Misi Program Studi Pendidikan Akuntansi yang telah ditetapkan merupakan turunan dari misi institusi. Adapun misi Program Studi Pendidikan Akuntansi adalah: 1) Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran dibidang Pendidikan akuntansi yang berbasis kepada pengembangan kecerdasan intelektual (hardskill) dan kecerdasan emosional (softskill) untuk memperoleh kecakapan hidup (lifeskill). 2) Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian di bidang Pendidikan dan pengajaran serta bidang lain sesuai dengan keilmuan Akuntansi. 3) Mengembangkan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni (IPTEKS)  pendidikan akuntansi yang dilandasi dengan profesionalisme.4) Mencapai Keunggulan Kompetitif dan Komparatif Program Studi Pendidikan akuntansi melalui penerapan prinsip pengelelolaan sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional. 5) Memperluas  dan  meningkatkan  jaringan  kerjasama  yang  saling  menguntungkan dengan berbagai lembaga /instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan program studi Pendidikan Akuntansi.

Tercapainya visi dan misi program studi tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya tingkat seleksi masuk Program Studi Pendidikan Akuntansi.Penerimaan mahasiswa program studi pendidikan akuntansi dilakukan melalui jalur undangan dan sistem penerimaan mahasiswa baru yang ada di tingkat institusi.Berhasilnya Program Studi Pendidikan Akuntansi dalam merekrut mahasiswa ini terlihat dari besarnya minat para tamatan SLTA (sederajat) yang berasal dari berbagai provinsi di Pulau Sumatera, yang sebagian besar berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat.