foto1
foto1
foto1
foto1
foto1

Login Form

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi mencakup empat aspek, yaituaspek sikap, aspek keterampilan umum, aspek keterampilan khusus danpengetahuan. Aspek capaian pembelajaran lulusan program studi Pendidikan Akuntansi dapatdilihat pada tabel berikut ini:

 

Profil Lulusan

Kode

Capaian Pembelajaran

Sumber

Aspek Sikap (S)

 

1.     Tenaga Pendidik Akuntansi

 

2.     Akuntan Manajemen

 

3.     Tenaga Auditor

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsadan mampu menunjukkan sikap religious.

Lampiran Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalammenjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika.

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, danbernegara berdasarkan Pancasila.

S4

Berperan sebagai warga negara yangbangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab padanegara dan bangsa.

S5

Menghargai keanekaragaman budaya,pandangan, agama, dan kepercayaan, sertapendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosialserta kepedulian terhadap masyarakat danlingkungan.

S7

Taat hukum dan disiplin dalamkehidupanbermasyarakat dan bernegara.

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab ataspekerjaan di bidang keahliannya secaramandiri.

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian,kejuangan, dan kewirausahaan.

S11

Menjunjung prinsip pelaporan keuangan,konsisten, penyajian wajar dan tidakmemihak.

Kekhasan Program studi Pendidikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat

Aspek Keterampilan Umum (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis, dan inovatif, dalam kontekspengembangan atau implementasi ilmupengetahuan dan teknologi yangmemperhatikan dan menerapkan nilaihumaniora yang sesuai dengan bidangkeahliannya.

Lampiran Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri,bermutu, dan terukur.

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuanteknologi yang memperhatikan danmenerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara,dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkansolusi, gagasan, desain, atau kritik seni,menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannyadalam bentuk skripsi dan menggunggahnyadalam laman perguruan tinggi.

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiandalam bentuk skripsi dan mengunggahnyadalam laman perguruan tinggi.

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepatdalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasilanalisis informasi dan data.

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkanjaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat, baik di dalam maupun di luarlembaga.

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaianhasil kerja kelompok dan melakukansupervisi dan evaluasi terhadappenyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawahtanggung jawabnya.

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diriterhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampumengelola pembelajaran secara mandiri.

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan,mengamankan, dan menemukan kembalidata untuk menjamin kesahihan danmencegah plagiasi.

Aspek Keterampilan Khusus (KK)

KK1

Mampu menerapkan konsep, prinsip,teknik dan prosedur akuntansi padapembelajaran di Sekolah MenengahKejuruan, Sekolah Menengah Umum danatau yang sederajat untuk bidang kajianpengantar akuntansi dan keuangan,pengantar ekonomi dan bisnis, spreadsheet,perbankan, akuntansi persh jasa dandagang, akuntansi uangan, akuntansiperusahaan manufaktur, komputerakuntansi dan administrasi perpajakan

Susilaningsih,Siswandari, Sri Sumaryati, Binti Muchsini*disampaikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan*Pendidikan Akuntansi, FKIP,Universitas Sebelas Maret Surakarta

KK2

Mampu menerapkan prinsip-prinsipbidang keilmuan lain yang serumpunsebagai pendukung keilmuan akuntansi

KK3

Mampu merencanakan, menerapkan,mengelola, mengevaluasi pembelajaranserta melakukan perbaikan pendekatanatau model pembelajaran, metode danproses belajar akuntansi sesuai dengankarakteristik dan kebutuhan peserta didikserta pemangku kepentingan sesuaistandar proses dan mutu pendidikan sertamemanfaatkan berbagai sumber belajardan IPTEKSyang berorientasi padakecakapanhidup.

KK4

Mampu mengkaji dan menerapkanberbagai model, metode, dan teknikpembelajaran inovatif pada berbagai bidangakuntansi bernuansa kontekstual.

KK5

Mampu menggunakan teknologi informasidan komunikasi yang relevan untukpembelajaran akuntansi danpengembangannya.

KK6

Mampu melakukan pemeriksaan terhadaplaporan keuangan dan dapat mengeluarkanopini terhadap hasil pemeriksaan.

Rumusan prodi Pendikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat

KK7

Mampu menyajikan laporan keuangan Sumatera BaratSyariah dan mengoperasikan softwareaccurateaccounting sebagai softwareakuntansi perpajakan.

Aspek Pengetahuan (P)

P1

Menguasai konsep, prinsip, teknik danprosedur akuntansi pada pembelajaran di SMA/SMK sederajat untuk bidang kajian pengantar akuntansi dan keuangan, pengantar ekonomi dan bisnis, program pengolahangka/spreadsheet, perbankan, akuntansi perusahaan jasa dan dagang, akuntansi keuangan, komputer akuntansi, akuntansi perusahaan manufaktur, komputer akuntansi, danadministrasi pajak.

Susilaningsih,Siswandari, Sri Sumaryati, Binti Muchsini*disampaikan dalam PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN

P2

Menguasai konsep teoretik bidang keilmuan lain yang serumpun sebagai pendukung penguasaaan keilmuan akuntansi.

P3

Menguasai konsep teoretik paedagogi, inovasi pembelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Umum dan atau yang Sederajat.

*Pendidikan Akuntansi, FKIP,Universitas Sebelas Maret Surakarta

P4

Menguasai konsep dan teknik pengembangan perangkat pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran akuntansi yang mendidik.

P5

Menguasahi Konsep pemeriksaan akuntansi dan konsep opini dari laporan keuangan.

Kekhasan Program studi Pendidikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat

P6

Menguasai konsep Akuntansi Syariah dan akuntansi Perpajakan.